by

Tetap Fit Dimasa Pandemi Covid-19

-Berita, Orkes-24 views

Foto: Marsela Hernikola

Oleh: Marsela Hernikola

LANDAK – Bagi Anda yang sudah terbiasa alias rutin berolahraga, di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang bisa sangat memberatkan.

Anda yang terbiasa mendatangi gym atau studio beberapa kali dalam seminggu untuk melakukan senam Zumba, erobik, yoga, pilates, dan sebagainya mungkin gelisah karena tak bisa melakukan rutinitas tersebut, pasalnya, studio olahraga atau gym harus tutup selama pandemi COVID-19 sebagai satu di antara langkah pencegahan penyebaran virus COVID-19.

Namun pada saat ini untuk sementara waktu, anda terpaksa melakukan olahraga hanya di dalam rumah atau area sekeliling rumah saja. Atau, Anda bisa sedikit lebih jauh, namun tidak melakukan olahraga secara beramai-ramai seperti biasanya, dan diwajibkan mematuhi prosedur menjaga jarak ya.

Pada prinsipnya, anda mungkin tak bisa berolahraga sesuai rutinitas yang Anda lakukan selama ini. Bagi beberapa kalangan, olahraga bisa menimbulkan efek “kecanduan” (tentu dalam konteks positif).
Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik, mental, dan emosional sehingga banyak orang bergantung dengan itu untuk menjaga suasana hati dan kesehatan mereka.

Namun, kecanggihan teknologi masa kini bisa menjadi satu solusi mengatasi keinginan Anda berolahraga di masa karantina mandiri akibat pandemi virus corona.

Ada beberapa layanan olahraga secara online (kelas online) yang bisa Anda jadikan rujukan untuk tetap berolahraga di tengah pandemi virus corona, kendati untuk sementara dilakukan di rumah.

Nah untuk menjaga Kesehatan dan tubuh tetap fit, saya mempunyai beberapa tips yang dapat diterapkan ditempat kerja maupun rumah diantaranya sisihkan sedikit waktu untuk melakukan peregangan diantara waktu kerja minimal 10-15 menit dengan Gerakan ringan ataupun cardio dengan bantuan musik / lagu favorit anda.

Dapat juga melakukan senam Zumba, erobik, dan Cardio setelah selesai bekerja hal ini hanya memerlukan sedikit waktu, lakukan Gerakan yang mudah dan ringan, tidak lupa untuk selalu melakukan Gerakan pemanasan sebelum memulai senam Zumba, erobik, dan Cardio.

Selalu terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat dengan rajin cuci tangan pakai sabun dibawah air mengalir, mengkonsumsi makan makanan bergizi, perbanyak konsumsi sayur, buah dan minum air putih, serta multivitamin, istirahat yang cukup, jika keluar rumah selalu gunakan masker dan pakaian lengan Panjang
Jika pulang kerumah jangan lupa ikuti protapnya : Sebelum masuk rumah buka alas kaki, amankan/ semprot dengan cairan desinfektan (atau dapat menggunakan alcohol 70%) peralatan, perlengkapan, kunci kendaraan yang dibawa,kemudian cuci tangan pakai sabun dibawah air mengalir. jangan menyentuh apapun, masuk kerumah segera menuju kamar mandi, ganti pakaian dan mandi. Setelah bersih baru lah beraktivitas didalam rumah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed