by

Kearifan Lokal, Warga Pusat Damai Gelar Adat Tolak Bala Antisipasi Covid19

-Nasional-71 views

Laporan Wartawan Betang Raya Post Agustinus Andi

PARINDU – Menyikapi merebaknya virus corona ( Covid-19) Pemerintah Desa Pusat Damai bersama Badan Permusyawaratan Desa bersama Forkompincam beserta tokoh masyarakat Masyarakat yang terdiri dari 7 dusun melaksanaan ritual adat tolak bala yang berlangsung di balai pertemuan Desa Pusat Damai “Macan Bajo Jl. Karya Bakti No 21 Desa Pusat Damai Kecamatan Parindu, Selasa (24/3/2020).

Hadir dalam kegiatan ritual adat tersebut Sekcam Parindu Harianto Didi, SH, Kapolsek Parindu IPTU Sapja, Danramil Parindu Kapten inf Hadi kusworo, Kades Pusat Damai Suprianus, A.Md, Kawi sedesa Pusat Damai dan Ketua DAD Parindu Dominikus Saudin.

Kades Pusat Damai Suprianus, A.Md berharap agar kegiata yang dilakukan ini yaitu Beniat tadi adalah kita bersama-sama satu desa berdiam diri dirumah dan berdoa dengan harapan wabah virus ini tidak menyebar ke Desa Pusat Damai atau selamat dari Virus Covic 19. Pungkasnya.

Kades juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Pusat Damai yang meliputi 7 dusun untuk bekerjasama yaitu pada hari ini 25 Maret 2020 untuk menjalani pantang seperti yang sudah diumumkan yaitu mulai dari pukul 06.00-18.00 wiba

Hal senada diungkapkan oleh Yosef Yom Selaku Tokoh Masyarakat mengungkapkan bah pengertian tolak bala ini mempunyai arti yaitu Tolak = menolak semua/ melarang sedangkan Bala = semua jenis ( hal-hal ) yang menyangkut orang banyak bisa sakit, jadi yang dimaksud dengan tolak bala adalah menolak apa yang membuat orang banyak menjadi resah. Serta untuk memperbaiki situasi disitu yang baik dan tertram. Tuturnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed