by

TIM PENDAMPING AKREDITASI FKTP KABUPATEN LANDAK MELAKSANAKAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI DOKUMEN DI PUSKESMAS SERIMBU, KECAMATAN AIR BESAR

-Orkes-19 views

LANDAK – Marsela Hernikola, SKM Kasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Peningkatan Mutu Dinas Kesehatan Kabupaten Landak mengatakan, akreditasi Puskesmas merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan Puskesmas yang dilakukan oleh lembaga independen yang diberikan kewenangan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Dasar pelaksanaan kegiatan Akreditasi Puskesmas adalah Permenkes No. 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dan Permenkes No. 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktek Mandiri Dokter dan Tempat Praktek Mandiri Dokter Gigi,”ungkap Marsela Hernikola, Kamis (7/11/2019).

Agar Puskesmas dapat memenuhi standar akreditasi dibutuhkan pendampingan oleh fasilitator yang kompeten agar Puskesmas dapat membangun sistem pelayanan klinis serta penyelenggaraan program, yang didukung oleh tata kelola yang baik dan kepemimpinan yang mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyediakan pelayanan yang mutu, aman, dan terjangkau bagi masyarakat secara berkesinambungan.

Tujuan pendampingan adalah agar Puskesmas memenuhi standar akreditasi meliputi kegiatan penggalangan komitmen dan pengenalan awal standar dan instrumen akreditasi, pemahaman standar dan instrumen akreditasi, self assesment dilanjutkan dengan membahas hasil self assesment untuk disusun rencana aksi persiapan akreditasi, penyusunan dokumen akreditasi, pelaksanaan dokumen akreditasi (implementasi dokumen), Preassesment Survei Akreditasi pada saat puskesmas siap untuk diakreditasi serta pendampingan pada saat pelaksanaan Survei Akreditasi oleh Komisi Akreditasi FKTP.

Sampai dengan tahun 2019 ini telah dilakukan pendampingan di 16 ( enam belas) dari 16 Puskesmas di Kabupaten Landak, dan Puskesmas yang telah berhasil diakreditasi sebanyak 10 Puskesmas atau 62.5 % Puskesmas telah terakreditasi dengan hasil :
4 ( empat ) Puskesmas Terakreditasi Dasar , 5 ( lima ) Puskesmas Terakreditasi Madya dan 1 (satu ) Puskesmas sedang menunggu hasil kelulusan.
Untuk tahun 2019 trimester IV ini pendampingan Re Akreditasi dilaksanakan di Puskesmas Karangan, dan Puskesmas Mandor, untuk persiapan akreditasi Perdana Pendampingan dilaksanakan di Puskesmas Serimbu, Jelimpo dan Sebangki.
Hingga saat ini kegiatan pendampingan sudah mencapai tahap penyusunan dan implementasi dokumen. Dan menunggu jadwal survey akrerditasi dari Komisi Akreditasi.

Tim pendamping akreditasi untuk Puskesmas Serimbu terdiri dari, Marsela Hernikola,SKM selaku pendamping Admen, dr.Yosep Endang Pendamping UKP dan Sri Wahyuni,SKM pendamping UKM.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed